Bermain "Bump" material pada vray sketchup.
Entah kenapa kok banyak sekali yang bertanya mengenai bump, padahal pemakaian nya simpel sekali. oleh karena itu, saya coba beri penjelasan, semoga bisa dimengerti .. ^_^
pertama-tama, bikin 1 material baru, di contoh ini, namanya "Stone_Pavers_Walk". lalu ikuti langkah berikut
1. Klik tanda "M".
2. Tentukan letak gambar material anda dengan mengklik tombol "...". apabila sudah, maka disitu akan terlihat secara otomatis link path file gambar yang anda pilih tadi. nah, pilih path tersebut, lalu ctrl+c (copy).
3. kembali ke window utama, disana di bagian tab "Maps" ada Bump, centang, dan ada isian angka value nya secara default = 1, ini bisa anda mainkan sesuai selera. lallu klik tanda "M", lalu akan muncul kotak dialog baru.
4. tekan ctrl+v (paste) link path yang ada pada langkah 2 di kotak isian file map. MEngapa paste? karena untuk bump biasanya boleh menggunakan map yang sama dengan diffuse, kecuali apabila anda punya map bump tersendiri. Dan klik OK untuk kembali ke material utama.
5. Filter type, disini secara default adalah "Mip-map", namun berdasarkan yang saya coba, "No-Filter" akan lebih mempertajam hasil bump. silahkan berexperimen.
setelah itu, silahkan tes render. yang pasti, tidak ada nilai pasti untuk suatu scene, sehingga kudu coba2 .. ^_^
semoga bermanfaat..
bagi yang berminat, silahkan TAG sendiri ^_^ .. sharing di album ini bebas untuk siapapun ..
— bersama Klara Theresya, Melina Dian, Mansyur Main Lele, Omi Smith, Ricky Indrawan, Febry Adja, Nonik Mendoan, Mohd Izuan Hamsani Izuan, Assel Seitkulova, Trương Thanh Lẹ, Aba Anton Purwoko, Dyon El Noctis, Nona Diandra Dhe'Ong Putra, Thubaguus Ally Insphirezt, Fouad Asha, Kartika Usmanali, Cahyo Yulianto, Marlyn Moningka dan Belajar Sampai Mati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar