Minggu, 29 Januari 2012

Saturday, March 7, 2009

Setting Dasar untuk Scene Eksterior dalam VRay for Sketchup

Ditulis oleh Corey Rubadue
Versi asli dalam bahasa inggris http://www.asgvis.com/
Diterjemahkan oleh Rofii
Tujuan tutorial ini adalah untuk membantu mengatur setting sebuah scene eksterior menggunakan Physical Sun dan Physical Camera dalam V-Ray for Sketchup
Setting Dasar
Global Switches>Gamma 2.2 (Nilai yang lain tetap)






Camera>Physical Camera enabled>Still Camera>Shutter speed 125>Film Width 36>Zoom 1>F-number 12>Film Speed(ISO) 200>Exposure enabled>Vignetting enabled





Environment/Sky>GI enabled 1.4>Texture Editor (double klik pada “m”)
Common>Type Sky>Multiplier 1.5 (Nilai yang lain tetap)





Image Sampler>Adaptive QMC>Min 1 Max 16
Antialiasing enabled>Area 1.5




Color Mapping>HSV Exponential>Dark 1 Bright 1




Indirect Illumination>GI enabled>Primary engine
Secondary engine Quasi Monte-Carlo




Irradiance Map>Min-3 Max -2>HSph Subdivs 50>Samples 20 (Nilai yang lain tetap)
(Untuk tes render yang cepat, anda bias mengurangi HSph Subdivs menjadi 30)
(Untuk meningkatkan kualitas render, anda bias mengubah Min Rate menjadi -2 dan Max Rate menjadi 0, tapi ini akan menambah waktu render)




Quasi Monte-Carlo>Subdivs 8>Secondary Bounces 3




Setting Scene
Gambar 1 menunjukkan sebuah Scene Eksterior. Tujuannya adalah untuk merender eksterior menggunakan VRay Physical Sky dan VRay Physical Camera. Penting untuk diperhatikan adalah VRay menggunakan setting (lokasi dan waktu) berdasarkan setting bayangan pada SketchUp seperti pada gambar 2. Pada scene SketcUp ini, material vray yang digunakan hanya material kaca, sedangkan untuk material yang lain menggunakan material dasar SketchUp. Hal ini karena pada tutorial ini hanya bertujuan untuk mendemonstrasikan kecepatan dan kualitas render Vray for SketchUp dengan sederhana dan cepat.
Gambar 1 : Contoh scene Ekstrior di SketchUp




Gambar 2 : Setting Bayangan di SketchUp (SketchUp Shadow Setting)




Catatan : Jika anda mengaktifkan “Show Calculation Phase” di bawah Irradiance Map Rollout>Basic Option, maka anda bias melihat proses kalkulasi IM dan distribusi cahaya seperti pada gambar 3

Gambar 3 : Proses Kalkulasi Irradiance Map




Gambar 4 : Hasil akhir render menggunakan setting VRay for SketchUp di atas




Setting pada Vray for Sketchup dapat disimpan (save) dan digunakan lagi untuk untuk scene yang lain. Buka Render Options toolbar, pilih File>Save, Load atau Restore Default. Secara umum, ada tiga kualitas render dalam setting VRay for Sketchup, yaitu low, medium dan high quality.
Metoda di atas hanyalah salah satu dari sekian banyak cara yang lain. Semakin sering anda mencoba berlatih maka anda akan terlatih dan mendapatkan settingan yang sesuai dengan yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar