Jumat, 27 Januari 2012



Hai all, this time, i wanna share tips about IESlight on vray Sketchup. Because, many friends asking me about this, so, perhaps this can help you.
Follow the code shown on the image above.

A. Firstly, put the IES light on the ceiling. Remember, the hole on the light object should appear on the surface. For parameter setting, right click and choose "Edit Light"

B. Browse your IES file there. This IES file can be found on internet, many free IES file you can get. Every IESfile has its own glare's type. Or you can download mine which i use in this tutorial here
@http://www.4shared.com/rar/CLS6dx5P/1589835-nice.html

C. This color is the main color of the light. usually its white or a little bit yelllowish or orange, its depend on your own taste to explore.

D. Power, this is the intensity of your light, the more higher value will produce more brighter light. For this value, there will be various depend on your scene condition. The value start from 1 to 100, sometimes more that 1000, and its oke as long as not overbright.

E. The result of my experience ..

Thats it for the main parameter, you can play with the other parameter, keep explore..
perhaps this mini tutorial can help you, cheers.!

---------- INDONESIAN ----------------

Banyak pertanyaan yang saya terima tentang IESlight di vray sketchup, jadi, saya coba berikan gambaran tentang penggunaan IESlight, semoga bermanfaat.

Untuk langkah2 dapat diperhatikan pada kode sesuai dengan kode yang tertera di gambar

A. Pertama2, letakkan IES light pada bidang, biasanya pada ceiling. Yang perlu diperhatikan, lubang nya jangan sampai tertutup oleh bidang ceiling, karena lubang ini adalah lubang tempat keluarnya cahaya. Lalu, untuk parameter, klik kanan pada lampu itu, pilih "Edit Light" sehingga akan muncul parameter settingnya.

B. Ini adalah tempat dimana anda browse file IES anda, file ini bisa didapat di internet, banyak yang udah share. Tiap file IES punya jenis glare yang berbeda2, pilih sesuai yang anda suka. Atau anda bisa mendownload file IES yang saya pakai di gambar tersebut
@http://www.4shared.com/rar/CLS6dx5P/1589835-nice.html

C. Ini adalah warna dari cahaya anda, biasanya diberi warna putih atau rada kekuningan tergantung selera anda.

D. Power, adalah nilai intensitas cahaya yang keluar dari light. Semakin tinggi nilainya, maka cahaya akan berpendar semakin kuat. Jangan takut untuk berexplorasi dengan nilai power ini. Nilainya bisa bervariasi mulai dari 1 hingga 100 atau bahkan diatas 1000, dan itu wajar. Tidak ada nilai pasti untuk value ini.

E. hasil explore saya.

Itulah parameter penting untuk IES light. Untuk parameter lain, bisa diexplore sendiri.
semoga bisa membantu Anda semua. Thanks
— bersama Peter Sedky.
· · Bagikan · 1 Januari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar