Jumat, 27 Januari 2012


Tips berikutnya, tentang surface yang terbalik.
bila menggunakan Sketchup dan render menggunakan vray for sketchup, sangat dianjurkan sekali untuk mengecek surface setiap object. caranya, masuk ke view style "Monochromatic", lalu disitu akan terlihat scene kita jadi putih dan kebiruan. Nah, warna surface yang kebiruan ini lah (di gambar saya di bagian yang kiri) yang harus dihindari. Surface kebiruan ini menandakan face pada object tersebut terbalik.
Caranya yaitu dengan klik kanan pada surface yang kebalik ini, lalu pilih "Reverse Face" hingga menjadi warna putih, warna putih ini yang betul.

Mengapa harus di reverse? karena object yang terbalik face nya akan berpengaruh saat dirender di vray SU (lihat hasilnya di gambar bawah nya), walaupun material vray di SU itu udah 2sided, tapi lebih baik apabila dihindari dan dibiasakan untuk modelling secara rapi dan ter-group. Terutama untuk material transparan seperti kaca dan air, apabila diapply di bidang yang terbalik maka seringkali kadang tidak muncul efeknya.

Lalu, fungsi lain dari reverse, yakni bila kita ingin mengimport scene kita ke media lain seperti 3dsmax, dan menggunakan engine seperti mentalray, Mentalray sering kali blank saat me-render face yang terbalik. Nah, pastikan sebelum import scene, cek dahulu tiap face yang ada di SU sebelum masuk ke 3dsmax.

Demikian tips hari ini, semoga bermanfaat .. ^_^
Tag berlaku bebas, silahkan yang ingin tag .. ^_^
Yang kelupaan saya tag, monggo di tag langsung .. :D:D
Bagikan · 13 Agustus 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar